Luv u my lil boy...Mommy kiss u..Mwaahh

Rabu, 09 Maret 2011

Apa itu Sunblock ??

Sejak mengenal FD gw baru tau betapa pentingnya sunblock.selama ini yang kita tau kalo mau pake sunblock pas mau berenang atau berjemur aja kan.padahal nggak lhooo....bahwa pake sunblock itu kudu tiap hari walau cuaca diluar hujan skalipun.karna matahari itu tetep ada.
Dulu waktu jaman gw masih kuliah n kerja tiap pagi n kalo makan siang kan kepapar matahari.alhasil gw ada freckles dimuka.itu disebabkan karna kita gak pake sunblock.

Jadi sinar matahari ini mengandung 2 jenis ultraviolet yg berbahaya yaitu uvA & uvB
uvA : ulta violet (Aging),ini yang buat muka kita cepet keriput,kerut2 halus,freckles gituuuu....efeknya emang gak kliatan langsung tapi jangka panjang.tapi ini yang bahaya.
uvB : ultra violet (Burn/Burning),ini yang buat muka kita cepet kemerahan,item,gosong kalo terlalu lama terpapar sinar matahari.

Ok...sekarang gimana caranya pilih sunblock yg bener.selama ini yang kita tau cukup mousturizer atau sunblock yg ada tulisan SPF (sun protection factor) aja.ternyata itu gak cukup.karna dia hanya menangkal uvB aja.cari yang tulisannya "Broad Spectrum Protection" karna dia menangkal uvA n uvB.

uvA ditandai dengan PA++ atau PA+++ or PPD2-4,PPD4-8,PPD>8
uvB ditandai dengan tulisan SPF (Spf 15,SPf 30 dst....)

Pakai sunblock minimal 1/3 sdt untuk wajah.selama ini banyak pakai tipis2 aja.padahal itu percuma karna dia gak bakal menangkal uvA & uvB.dan yang terpenting harus Re-Apply stiap 2 jam skali.karna apa??daya kerja sunblock jd berkurang karna kita bisa keringetan & walau gak kringetan kita tetep wajib re-apply sunblock.pakai sunblock 15-20 menit sbelum kita beraktifitas kluar ruangan.

FYI : 
Bagusnya sih harus tau yg apa inggredients yang ada di sunblock.emang gak smua sunblock nyantumin inggredients.
berikut Inggredients Sunblock yg ok kalo ada seperti ini :
UvB : Padimate O, Homosalate, Octisalate (octyl salicylate), Octinoxate (octyl methoxycinnamate)
UvA : Avobenzone
UvA & UvB : 
Octocrylene, titanium dioxide, zinc oxide, Mexoryl (ecamsule) 

Note : Jangan lupa yaa.....banyak yg bilang kalo pake sunblock itu bikin jerawatan.sebenarnya itu karna harus dibersihin mukanya sampai bener2 bersih.buat gw cleansing foam aja gak cukup lhoo.jadi harus pake cleansing oil.Ok....slamat bersunblock riaa......



1 komentar: